PENGARUH MODEL ARTIKULASI DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENGARUH GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN SAMBIRESIK KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AS'AD MUSTAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0334
Abstract
ABSTRAK
AS’AD MUSTAWAN : PENGARUH MODEL ARTIKULASI DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENGARUH GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN SAMBIRESIK KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP KEDIRI
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran PKn di SD menuntut siswa untuk menghafal materi yang diberikan. Sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang diminati oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi dengan menggunakan model Artikulasi tanpa didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Sambiresik untuk kelompok control (2) Untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi dengan menggunakan model Artikulasi didukung media visual pada siswa kelas IV SDN Sambiresik untuk kelompok eksperimen (3) Ada tidaknya perbedaan pengaruh model Artikulasi tanpa didukung media visual dengan didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi siswa kelas IV SDN Sambiresik Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretest-Post test Control Group Design dengan subyek penelitian siswa kelas IV A berjumlah 25 siswa diajar dengan menggunakan model Artikulasi tanpa didukung media visual dan kelas IV B berjumlah 25 siswa diajar dengan menggunakan model Artikulasi didukung media visual di SDN Sambiresik.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Artikulasi tanpa didukung media visual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi, hal ini terbukti dari nilai thitung (5,284) > ttabel (1,710) dengan df 24 pada taraf signifikan 5%. (2) Penggunaan model Artikulasi didukung media visual sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi, hal ini terbukti dari nilai thitung (5,628) > ttabel (1,710) dengan df 24 pada taraf signifikan 5%. (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara yang menggunakan model Artikulasi tanpa didukung media visual dengan menggunakan model Artikulasi didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pengaruh globalisasi siswa kelas IV SDN Sambiresik, hal ini terbukti dari nilai thitung (8,033) >ttabel (1,677) dengan df 48 pada taraf signifikan 5%.
Kata Kunci: Model Artikulasi media visual, pengaruh globalisasi