ANALISIS PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL MENUJU SEKOLAH BERBUDAYA MUTU SDN BETET 1 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ERFIONITA PURWANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0333

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran kearifan lokal dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dimengerti sehingga siswa bingung terhadap pembelajaran kearifan lokal. Akibatnya siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran kearifan lokal dan menyebabkan hasil pembelajaran kurang maksimal. Terkait hal ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kearifan lokal di SDN Betet 1 Kota Kediri? (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran kearifan lokal di SDN Betet 1 Kota Kediri? (3) Bagaimana pemecahan kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran kearifan lokal di SDN Betet 1 Kota Kediri? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan objek penelitian tentang pembelajaran kearifan lokal menuju sekolah berbudaya mutu SDN Betet 1 Kota Kediri dan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa SDN Betet I Kota Kediri. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan: (1) Melalui observasi diketahui penerapan pembelajaran kearifan lokal di SDN Betet 1 Kota Kediri dapat diketahui sesuai dengan langkah-langkah penerapan pembelajaran kearifan lokal menurut pendapat Zuhdan Kun Prasetyo. (2) Melalui wawancara diketahui penerapan pembelajaran kearifan lokal SDN Betet 1 Kota Kediri sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kearifan lokal menurut pendapat Zuhdan Kun Prasetyo, kendala-kendala yang dialami dalam penerapan pembelajaran kearifan lokal seperti dana dan kurangnya partisipasi dari pihak orang tua, dan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut dengan cara mengolah dana bos dan memberdayakan potensi guru yang ada. (3) Melalui dokumentasi dapat memperkuat bukti penelitian dan dapat diketahui bahwa SDN Betet 1 Kota Kediri menjadi salah satu sekolah tingkat dasar yang berada di Kota Kediri dan merupakan sekolah unggulan yang berprestasi dalam menciptakan peserta didik yang unggul dalam imtaq dan iptek sehingga sekolah SDN Betet 1 Kota Kediri juga pernah mewakili pekan seni tradisional pelajar tingkat Provinsi. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru memiliki kreativitas yang lebih menarik lagi dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis kearifan lokal supaya lebih berkembang. (2) Siswa dihimbau untuk berperan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kearifan lokal agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan yang optimal. Kata kunci: Pembelajaran, Kearifan Lokal, Sekolah Berbudaya Mutu.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI