PENGARUH METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN NGADIDEREJO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

HENDRA LUCHMANA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0328

Abstract

Hendra Luchmana Putra : Pengaruh Metode Eksperimen Didukung Media Visual terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Ngadirejo Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Metode Eksperimen, media visual, sifat-sifat cahaya. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD menuntut siswa untuk menghafal materi yang diberikan, sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang diminati siswa. Dengan demikian proses pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa menjadi pasif dan kurang memperhatikan materi pembelajaran, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya menggunakan metode Eksperimen didukung media visual untuk kelompok eksperimen? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan metode Eksperimen dan tanpa didukung media visual untuk kelompok kontrol ?. (3) Pengaruh penggunaan metode Eksperimen didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Ngadirejo tahun ajaran 2016/2017 ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Ngadirejo 5 dan SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda, dan lembar pedoman observasi 1. Untuk menganalisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas V SDN Ngadirejo 5 sudah baik setelah menggunakan metode Eksperimen didukung media visual dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai KKM 70 sebanyak 22 dari 25 siswa mendapat nilai diatas KKM. (2) Hasil belajar siswa kelas V SDN Ngadirejo 2 masih rendah tanpa menggunakan metode Eksperimen dan tanpa didukung media visual dilihat dari ketuntasan nilai KKM 70 sebanyak 12 dari 25 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Eksperimen didukung media visual dengan tanpa menggunakan metode Eksperimen dan tanpa menggunakan media visual. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa dengan menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung 4.483, df 48, dan sig (2-tailed) 0,000. Karena t-hitung = sign 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI