PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TOKOH-TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI PADA SISWA KELAS V SDN MRICAN 2


Author (Penulis)

GIGIH RANA BHASKARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0327

Abstract

ABSTRAK Gigih Rana Bhaskara: Perbedaan model pembelajaran Example Non Example dan Think Pair Share terhadap hasil belajar materi took-tokoh proklamasi kemerdekaan RI pada siswa kelas V SDN Mrican 2, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPS di Sekolah Dasar tidak dapat disampaikan hanya dengan mengandalkan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat mampu melibatkan peran aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran akan mematikan kreativitas siswa. Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan perbedaan model pembelajaran example non example dan think pair share pada pembelajaran IPS dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan model pembelajaran example non example dan think pair share terhadap hasil belajar siswa materi took-tokoh proklamasi kemerdekaan RI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah kemampuan siswa kelas V SDN Mrican 2 dalam mengidentifikasi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan RI menggunakan model pembelajaran Example Non Example?(2) Adakah kemampuan siswa kelas V SDN Mrican 2 dalam mengidentifikasi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan RI menggunakan model pembelajaran Think Pair Share?(3) Adakah perbedaan penggunaan model pembelajaran Example Non Example dengan model pembelajaran Think Pair Share(TPS) terhadap kemampuan belajar siswa kelas V SDN Mrican 2 dalam mengidentifikasi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan RI? Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Example Non Example berpengaruh dalam kemampuan mengidentifikasi materi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan RI kelas V SDN Mrican 2. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata post-test sebesar 83,00(2) Penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh dalam kemampuan mengidentifikasi materi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan RI kelas V SDN Mrican 2. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata post test sebesar 76,66.(3) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Example Non Example dan Think Pair Share terhadap mengidentifikasi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan RI kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji-t diperoleh t-hitung <- t-tabel yakni 4.446 <-2.001 Kata Kunci: model pembelajaran Example Non Example dan Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Mrican 2 kota Kediri.

Keyword

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN THINK PAIR SHARE

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade