PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN IPA PADA MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DAN BENDA LANGIT UNTUK SISWA KELAS IV SDN GAYAM 2 KEDIRI


Author (Penulis)

CONTREA GLADYS EVERDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0326

Abstract

ABSTRAK Contrea Gladys Everdin. Pengembangan Lembar kerja Siswa (LKS) Mata pelajaran IPA Materi Kenampakan permukaan Bumi dan Benda langit Untuk Siswa Kelas IV SDN Gayam 2 Kota kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran materi kenampakan pemukaan bumi dan benda langit kelas IV SDN Gayam 2 Kediri, bahwa pembelajaran IPA hanya menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang disediakan oleh sekolahan. Padahal LKS tersebut bukanlah LKS yang bisa membuat siswa benar-benar secara maksimal menjadi aktif, kreatif, dan inovatif, karena LKS yang ada hanya menyajikan soal-soal latihan untuk dijawab oleh siswa secara tertulis saja. Desain dari LKS juga tidak sesuai dengan karakteristik siswa SD. Hal tersebut berdampak pada kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi serta hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Permasalahan tersebut sebaiknya segera diselesaikan. Alternatif pemecahan masalah yang dilakukan yaitu mengembangkan LKS. Pengembangan LKS yang dibuat secara menarik dan sistematis dapat membantu siswa untuk belajar lebih aktif secara mandiri maupun berkelompok Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pengembangan LKS mata pelajaran IPA pada materi kenampakan permukaan bumi dan benda langit untuk Sekolah Dasar dan (2) menghasilkan produk LKS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Secara garis besar langkah-langkah penelitian ini, yaitu (1) Analisis (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Dengan subyek penelitian siswa kelas IV. Uji coba produk terdiri atas validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba luas. Kriteria berdasarkan uji validasi ahli adalah cukup valid. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui kepraktisan, keefektifan. Kriteria berdasarkan hasil uji coba terbatas dan luas terkait dengan kepraktisan adalah LKS masuk dalam kriteria sangat praktis, hasil uji coba terbatas dan luas terkait keefektifan menunjukkan bahwa LKS efektif untuk digunakan. Berdasarkan data di atas, LKS materi kenampakan permukaan bumi dan benda langit yang telah dikembangkan dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), IPA,Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda langit Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI