PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI PENGGUNAAN UANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN SISWA KELAS III SDN BANGSONGAN 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DESI OCTA TRIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0324

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih monoton. Hal ini disebabkan masih banyak guru cenderung menggunakan metode ceramah saja, sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher centered) dan akan membuat siswa cepat bosan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas III SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri tanpa menggunakan metode Role Playing dapat mencapai KKM? (2) Apakah hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas III SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri menggunakan metode Role Playing dapat mencapai KKM? (3) Adakah hubungan positif antara pemilihan metode Role Playing dengan hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas III SDN Bangsongan 2 Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian ekseperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperiment Design serta menggunakan pendekatan kuantitaf.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A yang berjumlah 25 siswa dan Kelas III-B yang berjumlah 26 siswa. Analisis dapat dihitung menggunkan jasa komputer program SPSS. Untuk permasalahan yang ke satu dan dua dihitung menggunakan One Sample T-test.Untuk permasalahan yang ketiga dihitung menggunakan Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran IPS bejala dengan baik, hal ini terlihat saat proses pembelajaran berlangsung siswa aktif dan semangat dalam mengerjakan soal yang diberikan. Karena guru dapat menciptakan suasana yang berbeda dan menggunakan metode pembelajaran Role Playing yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif. Hal ini dibuktikan dengan uji SPSS menggunakan uji-t Independent Sample T-test dimana t hitung ditemukan 5.571 sedangkan t tabel taraf signifikan 5% 2.001 dan nilai Sig. (2-tailed) ditemukan sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Role Playing dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajar IPS materi penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan, serta mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Metode Role Paying, Penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan, hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI