PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENTINGNYA KOPERASI BAGI MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBIRESIK KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LULUH MEGA KARTIKA PAKSI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0317

Abstract

ABSTRAK Luluh Mega Kartika Paksi : Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Pentingnya Koperasi Bagi Masyarakat Pada Siswa Kelas IV SDN Sambiresik Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Model pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas proses dan hasil belajar siswa. Jika melihat ke belakang dengan proses pembelajaran selama ini guru masih menggunakan paradigma lama sehingga siswa tidak diberi kesempatan yang bebas untuk mengkreasikan secara aktif ide atau gagasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penguasaan materi kemampuan mengidentifikasi pentingnya koperasi bagi masyarakat tanpa menggunakan model Cooperative Scrift didukung media visual untuk kelas kontrol (2) Penguasaan materi kemampuan mengidentifikasi pentingnya koperasi bagi masyarakat dengan menggunakan model Cooperative Scrift didukung media visual untuk kelas eksperimen (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Scrift didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pentingnya koperasi bagi masyarakat pada siswa kelas IV SDN Sambiresik tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. dengan subyek penelitian siswa kelas IV B berjumlah 20 siswa diajar dengan metode ceramah dan kelas IV A berjumlah 20 siswa diajar dengan model pembelajaran cooperative script didukung media visual di SDN Sambiresik kota Kediri. Penelitian dilaksanakan menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Adapun untuk analisis data dapat dibuktikan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa nilai t-hitung (10.205) > t-tabel 5% ( 1.685) dengan df 38, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Cooperative Script didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pentingnya koperasi bagi masyarakat dibandingkan pada pembelajaran konvensional yaitu tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Script didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi pentingnya koperasi bagi masyarakat. Kata kunci : Cooperative Script, media visual, pentingnya koperasi bagi masyarakat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI