PENGARUH MODEL CLASSROOM MEETING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN TIRU KIDUL KEC. GURAH KAB. KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NUR ISLAMI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0312

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model Classroom Meeting dan media audio visual, (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa menggunakan model Classroom Meeting dan media audio visual, (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh menggunakan model Classroom Meeting didukung media audio visual dengan tanpa menggunakan model Classroom Meeting dan media audio visual terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas III SDN Tiru Kidul 1 Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya menggunakan model Classroom Meeting didukung media audio visual mencapai nilai di atas KKM, dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 86,80, (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas III SDN Tiru Kidul 2 Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya tanpa menggunakan model Classroom Meeting serta media audio visual masih di bawah KKM, dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 74,60, (3) Berdasarkan hasil uji-t yang telah dilakukan dapat diperoleh nilai thitung yaitu 4,604 dan lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,685. Sesuai dengan norma hipotesis yang digunakan yaitu “jika thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% artinya sangat signifikan dan berarti terdapat pengaruh dalam penggunaan model Classroom Meeting didukung media audio visual terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Tiru Kidul Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Kata Kunci: Model Classroom Meeting, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI