PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIDUKUNG MEDIA SEMPOA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SDN KAMPUNGDALEM KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

VITA SULISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0311

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran Matematika di SD pada materi yang melibatkan operasi hitung guru masih menggunakan metode berhitung lama dan menggunakan model pembelajaran tidak sesuai. Akibatnya hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) tanpa didukung media sempoa terhadap kemampuan siswa menghitung luas persegi panjang (2) pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) didukung media sempoa terhadap kemampuan siswa menghitung luas persegi panjang (3) Perbedaan pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) tanpa didukung media sempoa dengan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) didukung media sempoa terhadap kemampuan siswa menghitung luas persegi panjang setelah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SDN Kampungdalem 3 dan SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji-t Paired Sample Test, sedangkan untuk hipotesis 3 menggunakan uji-t Independent Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) tanpa didukung media sempoa mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan menghitung luas persegi panjang siswa kelas III SDN Kampungdalem Kota Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dengan t-hitung=7,260>t- tabel=2,045 dengan nilai rata-rata 74,97. (2) Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) didukung media sempoa mempunyai pengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menghitung luas persegi panjang siswa kelas III SDN Kampungdalem Kota Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dengan t-hitung=8,270>t-tabel=2,048 dengan rata-rata 78,48. (3) Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan antara penggunaan model Problem Based Learning (PBL) tanpa didukung media sempoa dengan penggunaan model Problem Based Learning (PBL) didukung media sempoa. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes siswa. Nilai rata-rata siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tanpa didukung media sempoa adalah 74,97. Sedangkan rata-rata siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) didukung media sempoa adalah 78,48.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI