PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DIDUKUNG MEDIA 3DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT- SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN BOBANG 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

TRI WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0310

Abstract

ABSTRAK Tri Wulansari : Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Didukung Media 3Dimensi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat- sifat Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Bobang 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model pembelajaran think talk write (TTW), media 3Dimensi, mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang,siswa kelas V,SDN Bobang 2 Kediri, 2016/2017 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Bobang 2 yang menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V pada semester 2 SDN Bobang 2 cenderung rendah.Hal ini disebabkan pembelajaran Matematika yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi membosankan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN Bobang 2 tahun 2016/2017. (2) Mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang menggunakan model pembelajaran think talk write didukung media 3Dimensi pada siswa kelas V SDN Bobang 2 tahun 2016/2017. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write didukung media 3Dimensi terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Bobang 2 tahun 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent control group design.Adapun subyek penelitiannya siswa kelas V SDN Bobang 2 Kbaupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu siswa kelas V-A SDN Bobang 2 sebagai kelas kontrol dengan penyampaian model pembelajaran konvensional dan siswa kelas V-B SDN Bobang2 sebagai kelas eksperimen.. Berdasarkan hasil analis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1)Kemampuan mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang tanpa menggunakan model pembelajaran think talk write dan media 3Dimensi pada siswa kelas V SDN Bobang 2 Kediri dibawah KKM (< 75) terbukti dengan hasil nilai rata- rata 66.75< KKM 75;(2) Kemampuan mengidentifikasi sifat- sifat bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran think talk write didukung media 3Dimensi pada siswa kelas V SDN Bobang 2 Kediri sama atau di atas KKM (> 75) terbukti dengan hasilrata- rata 85> KKM 75; (3)Ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasisifat- sifat bangun ruang setelah diterapkannya model pembelajaran think talk write didukung media 3Dimensi siswa kelas V SDN Bobang 2 Kediri dengan hasil perhitungan th= 5.877> tt 5% = 2,024.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI