PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA GAYA, GERAK, DAN ENERGI MELALUI PERCOBAAN (GAYA GRAVITASI, GAYA GESEK, GAYA MAGNET) PADA SISWA KELAS V SDN SAMBI 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017
Author (Penulis)
NOFIA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0309
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pebelajaran IPA di sekolah dasar masih didominasi dengan pembelajaran yang monoton menuntut siswa untuk menghafal materi yang diberikan. Dengan demikian proses pembelajaran kurang optimal karena mengakibatkan siswa pasif dan kurang memperhatikan materi pelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan mendeskripsikan hubungan gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) setelah menggunakan model Group Investigation didukung media 3 dimensi. (2) kemampuan mendeskripsikan hubungan gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) tanpa menggunakan model Group Investigation didukung media 3 dimensi. (3) pengaruh penggunaan model Group Investigation didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) setelah menggunakan model Group Investigation didukung media 3 dimensi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian kelas V-A dan V-B SDN Sambi 1. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, RPP, dan test hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan uji-t dan menggunakan progam SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, nilai t-hitung 6,649 > t-tabel 2,021 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 72,20, nilai rata-rata kelas eksperimen = 89,23
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa kelas V-A dengan menggunakan model Group Investigation didukung media 3 dimensi mencapai nilai diatas KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 66,15 dan nilai rata-rata postest sebesar 89,23. (2) hasil belajar siswa kelas V-B tanpa menggunakan model Group Investigation didukung media 3 dimensi mencapai nilai dibawah KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 62,00 dan nilai rata-rata postest sebesar 72,20. (3) Ada pengaruh penggunaan model Group Investigation didukung media 3 dimensi. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data thitung sebesar 6,649, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,021. Disimpulkan thitung > ttabel, artinya “ (Ho ditolak, dan (Ha) diterima. Kesimpulnya ada pengaruh model group investigation didukung media 3 dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) pada siswa kelas V SDN Sambi 1 tahun pelajaran 2017.
KATA KUNCI : Model Group Investigation, Media 3 Dimensi