PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA PALIBER (PAPAN LINGKARAN BERPUTAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SEMESTER 2 SDN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SEPTIANA SURYANINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0308

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran matematika khususnya tentang materi mengenal lambang bilangan Romawi, masih didominasi dengan proses pembelajaran yang berbasis ceramah saja. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match tanpa didukung media paliber siswa kelas 4 semester 2 SDN Wates Kabupaten Kediri TA 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan didukung media paliber siswa kelas 4 semester 2 SDN Wates Kabupaten Kediri TA 2016/2017? (3) Adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Make A Match dengan didukung media paliber terhadap terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi siswa kelas 4 semester 2 SDN Wates Kabupaten Kediri TA 2016/2017? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah SPSS 18 for Windows pada komputer menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi tanpa menggunakan model pembelajaran Make A Match tanpa didukung media paliber (papan lingkaran berputar) siswa kelas 4 SDN Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 masih kurang dari KKM (70) dengan bukti perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 69,70. (2) Kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan didukung media paliber (papan lingkaran berputar) siswa kelas 4 SDN Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 sama dengan atau lebih dari KKM (70) dengan bukti perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 76,20. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan Romawi setelah diterapkannya model pembelajaran Make A Match didukung media paliber siswa kelas IV Semester 2 SDN Wates Kabupaten Kediri TA 2016/2017 dengan bukti tingkat ketuntasan kelompok eksperimen yang lebih besar daripada tingkat ketuntasan kelompok kontrol (95,83% > 75%). Kata Kunci: Model Make A Match, Media Paliber, Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Romawi, Kelas 4 Semester 2, SDN Wates Kabupaten Kediri, TA 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI