PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DIDUKUNG MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN PAMONGAN 2 TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SIWI SEPTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0307

Abstract

ABSTRAK Siwi Septiani : Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Didukung Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Pamongan 2 Tahun Ajaran 2016/2017. KATA KUNCI :Model pembelajaran Talking Chips,media puzzle, hasil belajar IPA menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelas IV SDN Pamongan mengalami kesulitan belajar dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru, guru mendominasi pembelajaran dikelas sehingga siswa menjadi pasif sehingga proses kegiatan pembelajaran menjadi membosankan. Berdasarkan latar belakang, penelitain mengajuakan 3 tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Mengetahui hasil belajar IPA menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SDN Pamongan 2. (2) Mengetahui hasil belajar IPA menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran talking chips didukung media puzzle siswa kelas IV SDN Pamongan 2. (3). Mengetahui pengaruh model pembelajaran talking chips didukung media puzzle terhadap hasil belajar IPA menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan siswa kelas IV SDN Pamongan 2. Jenis penelitian ini adalah True experimen dengan desain Pretes-Postes Control Grub Desing, peneliti menggunakan pendekatan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Pamongan 2 Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Dapat disimpulkan (1) hasil belajar IPA menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan pembelajaran konvensional belum mencapai KKM 75, terbukti hanya 45,4% siswa yang mendapat nilai diatas KKM selebihnya 54,6% masih di bawah KKM yang ditentukan dan nilai rata-rata sebesar 71,82. (2). Hasil belajar IPA menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran talking chips didukung media puzzle sudah mencapai KKM 75, terbukti 86,2% siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan selebihnya sebesar 13,8% dibawah KKM dengan rata-rata sebesar 82,73. (3) Ada Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran talking chips didukung media puzzle dengan hasil perhitungan th 4,169 > tt 2,018 dengan perbandingan nilai kelompok kontrol 71,82 < nilai rerata eksperimen 82,73.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI