Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Materi Kenampakan Permukaan Bumi pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar


Author (Penulis)

INTAN ROHMATUL HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0306

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal di SD Islam Al Azhar Tulungagung yang menunjukkan pembelajaran IPA pada kompetensi dasar mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar yang ada di kelas III SD, guru kurang memanfaatkan alat-alat penunjang pembelajaran IPA seperti bahan ajar untuk mendukung tersampaikannya materi. Komponen pembelajaran yang harus terpenuhi dalam proses pembelajaran guna tercapainya tujuan pembelajaran terdiri atas: tujuan, subjek belajar, materi pelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dan penunjang. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan bahan ajar modul pada materi kenampakan permukaan bumi kelas III SD Islam Al Azhar dan (2) untuk menjelaskan produk hasil pengembangan bahan ajar modul pada materi kenampakan permukaan bumi kelas III SD Islam Al Azhar berdasarkan pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang bertujuan menghasilkan produk bahan ajar modul. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap prosedur pengembangan. Tahap penelitian tersebut antara lain: (1) analisis (analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Produk bahan ajar modul yang dihasilkan dicetak dengan menggunakan kertas art carton pada bagian covernya dan kertas A4 pada bagian halaman isinya serta disusun menjadi 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, kegiatan belajar dan penutup. Bahan ajar modul setelah melakukan validasi pada ahli materi dan 2 ahli media, dengan skor kuantitatif dari ahli materi sebanyak 87 dan rata-rata skor ahli media 1 dan 2 sebanyak 90, yang berada pada rentang skor kualitatif 86-100% dengan keterangan sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba utama, diperoleh data hasil uji kepraktisan dengan skor kuantitaif dari guru dan siswa sebanyak 86 dan 87, yang berada pada rentang skor kualitatif 86-100% dengan keterangan sangat praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan media pada siswa dengan menggunakan soal evaluasi atau kuis memperoleh rata-rata nilai skor kuantitatif 84 dari total 24 siswa, Dengan data persentase 87% atau 21 siswa tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai lebih dari ?KKM 70, dan 12% atau 3 siswa tidak tuntas dalam belajar karena mendapatkan nilai

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI