PENGARUH MODEL MIND MAPPING DENGAN MELAKUKAN PERCOBAAN SEDERHANA DIDUKUNG MEDIA BENDA ASLI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN SAMBI 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MOCH. ADISURYA R
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0305

Abstract

ABSTRAK MOCH. ADISURYA R: Pengaruh Model Mind Mapping Dengan Melakukan Percobaan Sederhana Didukung Media Benda Asli Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Sambi 1 Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata Kunci: Mind Mapping didukung media benda asli Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terutama materi sifat-sifat cahaya di SD masih cenderung bersifat klasikal dengan dominasi guru dan penggunaan metode yang monoton sehingga menimbulkan rasa kebosanaan dan kurang menarik. Hal tersebut nampak pada tingkat penguasaan materi dan hasil belajar yang rendah. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN Sambi 1 Kabupaten Kediri (2) Untuk mengetahui kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model Mind Mapping serta melakukan percobaan sederhana didukung media benda asli pada siswa kelas V SDN Sambi 1 Kabupaten Kediri (3) Untuk membuktikan pengaruh model Mind Mapping dengan melakukan percobaan sederhana didukung media benda asli terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Sambi 1 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yaitu berangkat dari teori untuk menyusun hipotesis dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Sambi I. Siswakelas V–A sebagai kelas eksperimen dimana pada kelas ini diberikan perlakuan yaitu dengan penerapan model pembelajaran Mind Mapping didukung media benda asli, sedangkan siswa kelas V–B sebagai kelas kontrol dimana pada kelas ini berlaku sebagai kelas pembanding. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode tes, menggunakan instrument penelitian berupa RPP dan tes hasil belajar. Peneliti menggunakan langkah uji-t untuk menguji hipotesis sekaligus untuk mengambil keputusan dimana t-hitung akan dibandingkan dengan t-tabel. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui penelitian ini dapat ditemukan bahwa penggunaan model pembelajaran konvensional berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V hasil postest siswa masih rendah dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa di bawah KKM yaitu 63,68. (2) Penggunaan model pembelajaranMind Mapping didukung media benda asli berpengaruh sangat signifikan terhadap penguasaan materi sifat-sifat cahaya siswa kelas V dibuktikan dengan nilai rata-ratasiswa di atas KKM yaitu 84,32. (3) Ada pengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping didukung media benda asli, hal ini diperkuat dengan hasil uji t-test pada taraf signifikan 5%, t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 16,977 > 2,010.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI