PENGARUH MODEL MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

SISCA WIDYAPUTRI CRISNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0303

Abstract

Abstrak Sisca Widyaputri Crisna: Pengaruh model make a match didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Wates Kabupaten Kediri tahun 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: Make A Match, Media audio visual, Mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa dalam mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model dan media yang tepat digunakan yaitu model Make A Match didukung media audio visual. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut 1) Apakah Model Make A Match didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IVa SDN Wates Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017? 2) Apakah Model Make A Match tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IVb SDN Wates Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017? 3) Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan Model Make A Match di dukung media audio visual dibanding dengan menggunakan Model Make A Match tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Wates Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan tehnik penelitian Eksperimental dengan Nonrandomized Control Group Pretes-Posttes Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Wates Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian adalah (1)Penggunaan model Make A Match didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, thitung(13,345) > ttabel 1% (2,807) serta ketuntasan klasikal mencapai 92,9%. (2) Penggunaan model Make A Match tanpa didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, thitung(9,661) > ttabel 1% (2,807) serta dengan ketuntasan klasikal mencapai 36,04%. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match didukung media audio visual dibandingkan penggunaan model pembelajaran Make A Match tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan sumber daya alam dengan lingkungan, dengan hasil perhitungan thitung (5,110) > ttabel 1% (2,687) dengan keunggulan penggunaan model pembelajaran Make A Match didukung media audio visual dengan mean kelompok eksperimen 77,63 > mean kelompok kontrol 66,75.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI