PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DI DUKUNG MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BOGO KIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
FERNANDA NURIDA FLORENSIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0302
Abstract
ABSTRAK
Fernanda Nurida F. : Pengaruh Model Group Investigation didukung media
PPT Interaktif terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan j enis
makanannya pada siswa kelas IV SDN Bogo Kidul Tahun Ajaran 2016/2017
Kata kunci : Model Group Investigation, media PPT Interaktif, kemampuan
menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa
kelas IV SDN Bogo Kidul mengalami kesulitan belajar dan hasil belajar siswa
masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
yang selama ini dilaksanakan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu
menggunakan metode ceramah, semua informasi berpusat pada guru serta masih
minimnya penggunaan model pembelajaran dan media yang bervariasi dalam
proses belajar mengajar. Banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran
IPA adalah pelajaran yang sulit, maka dari itu hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA masih rendah
Berdasarkan latar belakang, peneliti mengajukan 3 tujuan penelitian
sebagai berikut : (1) Mengetahui kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan
makanannya tanpa menggunakan model dan media pembelajaran pada siswa kelas
IV SDN Bogo Kidul, (2) Mengetahui kemampuan menggolongkan hewan
berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model Group Investigation
didukung media PPT Interaktif pada siswa kelas IV SDN Bogo kidul, (3)
Mengetahui perbedaan kemampuan tanpa menggunakan model dan media
pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation didukung media
PPT Interaktif pada siswa kelas IV SDN Bogo Kidul. Teknik penelitian ini adalah
Eksperimental dengan desain Pretes-Postes Control Grub Desain, peneliti
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV
SDN Bogo Kidul.
Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian
tertutilis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Dapat disimpulkan
hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya tanpa menggunakan model dan media pembelajaran belum
mencapai KKM 75, terbukti hanya 45,6% siswa yang mendapat nilai di atas KKM
selebihnya 54,4% masih di bawah KKM 75 dan nilai rata-rata sebesar 70,00, (2)
Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan
model Group Investigation didukung media PPT Interaktif sudah mencapai KKM
75, terbukti 86,2% sudah mencapai KKM dengan rata-rata sebesar 85,80, (3) Ada
perbedaan kemampuan antara tanpa menggunakan model dan media pembelajaran
dengan menggunakan model Group Investigation didukung media PPT Interaktif,
dengan hasil perhitungan t-hitung 2,270 > t-tabel 2,018 dengan perbandingan nilai
kelompok kontrol 70,00 < nilai kelompok eksperimen 85,80.
Keyword
Model Group Investigation, media PPT Interaktif, kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya