PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DI DUKUNG MEDIA PPT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BOGO KIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

FERNANDA NURIDA FLORENSIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0302

Abstract

ABSTRAK Fernanda Nurida F. : Pengaruh Model Group Investigation didukung media PPT Interaktif terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan j enis makanannya pada siswa kelas IV SDN Bogo Kidul Tahun Ajaran 2016/2017 Kata kunci : Model Group Investigation, media PPT Interaktif, kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelas IV SDN Bogo Kidul mengalami kesulitan belajar dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang selama ini dilaksanakan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu menggunakan metode ceramah, semua informasi berpusat pada guru serta masih minimnya penggunaan model pembelajaran dan media yang bervariasi dalam proses belajar mengajar. Banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran IPA adalah pelajaran yang sulit, maka dari itu hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA masih rendah Berdasarkan latar belakang, peneliti mengajukan 3 tujuan penelitian sebagai berikut : (1) Mengetahui kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan makanannya tanpa menggunakan model dan media pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Bogo Kidul, (2) Mengetahui kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model Group Investigation didukung media PPT Interaktif pada siswa kelas IV SDN Bogo kidul, (3) Mengetahui perbedaan kemampuan tanpa menggunakan model dan media pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation didukung media PPT Interaktif pada siswa kelas IV SDN Bogo Kidul. Teknik penelitian ini adalah Eksperimental dengan desain Pretes-Postes Control Grub Desain, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bogo Kidul. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan jenis penilaian tertutilis. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Dapat disimpulkan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya tanpa menggunakan model dan media pembelajaran belum mencapai KKM 75, terbukti hanya 45,6% siswa yang mendapat nilai di atas KKM selebihnya 54,4% masih di bawah KKM 75 dan nilai rata-rata sebesar 70,00, (2) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan model Group Investigation didukung media PPT Interaktif sudah mencapai KKM 75, terbukti 86,2% sudah mencapai KKM dengan rata-rata sebesar 85,80, (3) Ada perbedaan kemampuan antara tanpa menggunakan model dan media pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation didukung media PPT Interaktif, dengan hasil perhitungan t-hitung 2,270 > t-tabel 2,018 dengan perbandingan nilai kelompok kontrol 70,00 < nilai kelompok eksperimen 85,80.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade