pengaruh model jigsaw didukung metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikanenergi panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN BOGOKIDUL tahun ajaran 2016-2017
Author (Penulis)
TUTY RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0300
Abstract
ABSTRAK
Tuty Rahayu :Pengaruh ModelJigsawDidukung Metode Eksperimen Terhadap
Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas Yang Terdapat Dilingkungan Sekitar
Serta Sifat-sifatnya Pada Siswa KelasIV Semester II SDN Bogokidul Tahun
Ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Model Jigsaw
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN Bogokidul yang menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan energi panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV pada semester 2 cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi membosankan. Permasalahan peneliti ini adalah: (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tanpa didukung metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bogokidul? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bogokidul? (3) Adakah perbedaan pengaruh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw didukung metode eksperimen dengan tanpa menggunakan metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas yang terdapat dilingkungan sekitar
serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bogokidul? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Adapun
subyek penelitiannya siswa kelas IV SDN Bogokidul. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu siswa kelas IV A sebagai kelas control dengan penyampaian model Jigsaw tanpa didukung metode eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan model Jigsaw didukung metode eksperimen dan
menggunakan analisis data menggunakan t-tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model Jigsaw tanpa didukung metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifatsifatnya pada siswa kelas IV SDN Bogokidul, terbukti dengan hasil Sig (2-tailed) 0,000? 0,05; (2) Penggunaan model Jigsaw didukung metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bogokidul, terbukti dengan hasil Sig (2-tailed) 0,000? 0,05; (3) Ada perbedaan pengaruh antara model Jigsaw tanpa didukung metode eksperimen disbanding model Jigsaw didukung metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan energy panas yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bogokidul, dengan hasil perhitungan Sig (2-tailed) 0,000? 0,05 dengan keunggulan pada penggunaan model Jigsaw didukung metode
eksperimen.