PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN NGADIREJO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
DIKHY DWI MELIYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0299
Abstract
ABSTRAK
DIKY DWI MELIYANA : Pengaruh Model Probing Prompting Terhadap Kemampuan Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan di dukung media gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2018.
Kata kunci : Probing Prompting , media gambar, kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya .
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariatif oleh guru terutama pada pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sangat rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model Probing Prompting didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri? (2) Apakah model Probing Prompting tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh model Probing Prompting didukung media gambar dibanding model Probing Prompting tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Ngadirejo Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas soal uraian berjumlah 15 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1)Penggunaan model Probing Prompting didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo 5 Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 95,88% hal ini terbukti dengan th=11,535>tt1%=2,770 (2)Penggunaan model Probing Prompting tanpa didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 74,4% hal ini terbukti dengan th=7,736>tt1%=2,796 (3)Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunakan model Probing Prompting didukung media gambar dibanding model Probing Prompting tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Ngadirejo 5 dibanding SDN Ngadirejo 2 Kota Kediri dengan keunggulan pada penggunakan model Probing Prompting didukung media gambar, hal ini terbukti dengan th=2,504> tt5%=2,007 dan hasil perbandingan rerata KE 81,11> rerata KK 73,32.