PENGARUH METODE DEMONSTRASI DI DUKUNG MEDIA WAYANG PAHLAWAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI PERJUANGAN TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN SISWA KELAS V SDN TANGGULWELAHAN 3 KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

TOMMY ALAN WAHFIUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0298

Abstract

ABSTRAK

TOMMY ALAN WAHFIUDIN : Pengaruh metode demonstrasi di dukung media wayang pahlawan terhadap kemampuan Memahami perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan siswa kelas V SDN Tanggulwelahan 3 kabupaten Tulungagung, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa merasa kesulitan untuk memahami materi perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan yang diajarkan guru dengan menggunakan media pembelajaran yang belum mengaktifkan seluruh siswa.  Hal ini membuat siswa harus mendengarkan ceramah guru secara monoton dan akibatnya membuat siswa kekurangan motivasi dalam belajar dikarenakan jenuh dan bosan, sehingga hampir 60% siswa mendapat nilai dibawah standar KKM yaitu 75.

Permasalahan  dalam  penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan memahami siswa pada materi perjuangan tokoh dalam mempertahakan kemerdekaan siswakelas V tanpa menggunakan metode demonstrasi didukung media wayang pahlawan? (2) Bagaimanakah kemampuan memahami siswa pada materi perjuangan tokoh dalam mempertahakan  kemerdekaan siswa kelas V dengan menggunakan metode demonstrasi didukung wayang pahlawan? (3) Adakah perbedaan kemampuan memahami siswa dengan metode demonstrasi didukung media wayang pahlawan dan tanpa media demonstrasi tanpa didukung Media Pembelajaran wayang pahlawan  pada materi perjuangan tokoh dalam mempertahakan  kemerdekaan siswa kelas V?

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelompok eksperimen yang dibandingkan dengan siswa kelas V B SDN Tanggulwelahan 3 kabupaten Tulungagung sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan memahami perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan  tanpa menggunakan metode demonstrasi didukung media wayang pahlawan pada siswa kelas V cenderung rendah ≤ 75%(2) Kemampuan memahami perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan metode demonstrasi didukung media wayang pahlawan pada siswa kelas V > 75%(3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan pada metode demonstrasi didukung media wayang pahlawan terhadap kemampuan memahami perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas .dengan perhitungan test-t didapat thitung (4,243) > ttabel 5% (2,048) dengan df 28 , sehingga H0 ditolak dan H3 diterima

Kata kunci: metode demonstrasi, media wayang pahlawan dan kemampuan memahami perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.


Keyword

demonstrasi wayang

Reference

PUSTAKA

Komalasari Kokom.2013:3.  Pembelajaran konstektual :konsep dan aplikasi. Jakarta: Refika aditama

Laila, A., & Sahari,S. (2016) peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal pendidikan dasar nusantara, 1(02)

Rianto. 2006: 4.  Metode penelitian pendidikan kualitatif dan kuantitatif.

Rif’an, Ali. 2010. Buku Pintar Wayang. Jogjakarta: Garailmu.

Syah Muhibbin, 2000. Strategi pembelajaran. Jakarta :universitas terbuka

Slavin dan Robert.e. 2005: 12, cooperative learning: teori,riset dan praktek. Bandung: Nusa media

Sudjana dan Rivai. 1992:2. Media  Pembelajaran. Bandung: sinar baru bandung

Suaedy. 2011. http://www.metode demonstrasi dalam pembelajaran, kompasiana.com


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade