PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PLUS BERBASIS KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN KENCONG 1 TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NINDY SEPTA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0297

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis media yang digunakan dibeberapa sekolah dasar. Hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa media yang digunakan hanya berupa media gambar 2 dimensi. Media gambar kurang menarik untuk siswa sekolah dasardari segi tampilan, ukuran, warna, dan bentuk yang kurang menarik. Selain itu media tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran karena siswa hanya mengamati media tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui rancangan pengembangan media flash card plus berbasi know-want to know learned untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Kencong 1 Tahun Ajaran 2017/2018. (2) mengetahui efektifitas media flash card plus berbasi know-want to know learned untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Kencong 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Penilaian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation), subjek penelitian siswa kelas III SDN Kencong 1 kelas A dan kelas B. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli desain media, validasi ahli materi bahasa Indonesia, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan post test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) hasil pengembangan media flash card plus didesain dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas III, sehingga dalam pembuatan media didesain dalam bentuk 3 dimensi dengan ukuran,bentuk, dan warna yang menarik. (2) efektifitas media dapat diliat dari ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal setelah menggunakan media yang dikembangkan mencapai 75% dan berdasarkan hasil respon guru mencapai 100% dengan sanagt baik dan respon siswa mencapai 86,25% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan simpulan hasil peneliti ini, direkomendasikan: (1) tujuan adanya pengembangan media ini adalah untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik dan membantu siswa dalam memahami materi, serta siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. (2) media yang dikembangkan sudah efektif digunakan pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar. KATA KUNCI : Pengembangan, Media Flash card plus berbasis Know-Want to know Learned (KWL).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI