Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Didukung Media Nyata terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah karena Pelapukan Siswa Kelas V SDN Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

ELLIZABETH KURNIA EDIRIASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0296

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa penggunaan model pembelajaran yang bervariasi terutama pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah dasar masih sangat rendah. Proses pembelajaran masih di dominasi oleh peran guru. Guru belum menggunakan model pembelajaran dan media pemebelajaran yang tepat, khususnya untuk materi proses pembentukan tanah karena pelapukan. Guru hanya menyuruh siswa untuk membaca buku dan menghafal materi tersebut. Hal tersebut disebabkan kurangnya mengetahui macam – macam model dan media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Kondisi ini mengakibatkkan banyak siswa yang merasa jenuh, bosan, dan malas saat proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan tanpa menggunakan model pembelajaran problem solving tanpa media nyata siswa kelas V SDN Ngadirejo tahun ajaran 2016/2017. 2) kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving didukung media nyata siswa kelas V SDN Ngadirejo tahun ajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem solving didukung media nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan siswa kelas V SDN Ngadirejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Ngadirejo. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkann data berupa tes, sedangkan instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan siswa kelas V SDN Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017 tanpa mengunakan model pembelajaran problem solving dan tanpa media nyata belum mencapai KKM. 2) Kempuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan kelas V SDN Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran problem solving didukung media nyata mencapai KKM. 3) Ada pengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan siswa kelas V SDN Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017 dengan diterapkan model pembelajaran problem soving didukung media nyata. Kata kunci : Problem Solving, media nyata, mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI