PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS 5 PADA MATERI ENERGI BUNYI DI KELAS IV SDN BOGOKIDUL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YENI SETYORINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0292

Abstract

ABSTRAK Yeni Setyorini: PengembanganMedia Pembelajaran Interaktif Dengan Software Adobe Flash CS5 Pada Materi Energi Bunyi Di Kelas IV SDN BOGOKIDULTahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa dalam penyampaian materi pembelajaran dilakukan secara lisan melalui ceramah sehingga pemahaman siswa terhadap suatu materi IPA belum tercapai secara maksimal selain itu proses pembelajaran juga tidak menggunakan media yang menarik bagi siswa. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya minat dan perhatian siswa dalam memperhatikan materi yang disampaiakan untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya media yang dapat menarik perhatian siswa dalam melakukan pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan software adobe flash cs5 pada materi energy bunyibagi siswa kelas IV SDN Bogokidul tahun ajaran 2016/2017. (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif dengan software adobe flash cs5 terhadap mata pelajaran IPA materi energy bunyi pada siswa kelas IV SDN Bogokidul tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan PLOMP (Preliminary investigation, Design, Realization, Test, evalution and revision), subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bogokidul. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi ahli desain media, validasi ahli materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre test dan post test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif dengan software adibe flash cs 5 dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas IV, sehingga dalam pembuatan media didesain dalam konsep tampilan yang inetraktif dan dilengkapi pula game edukatif dan juga kuis yang menarik dengan tampilan warna gambar serta suara yang menarik. (2) kevalidan media dapat dilihat dari hasil lembar validasi ahli media mencapai 94,29% dan hasil lembar validasi ahli materi mencapai 94%, kepraktisan media dapat dilihat dari hasil respon guru/praktisi mencapai 94% dan dari hasil respon siswa mencapai 84%, keefektifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa dari nilai rata-rata pretest mencapai 69 menjadi nilai rata-rata postest mencapai 86,5. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan referensi untuk membuat penelitian pembelajaran interaktif yang lebih baik lagi. (2) Peneliti selanjutnya dapat memperbaiki kekurangan yang terdapat pada penelitian ini. KATA KUNCI: Interaktif, Pengembangan Media, Media Interaktif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI