PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG PADA MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN NGADIREJO 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ADE LIA SAIPUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0290
Abstract
Ade Lia Saiputri: Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Pada Materi Mengenal
Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017,
Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD
kelas III di SDN Ngadirejo 2 yang masih dominan menggunakan metode ceramah secara terus
menerus. Materi pembelajaran IPS terdapat banyak teori, jadi apabila guru hanya
menggunakan media ceramah peserta didik akan kurang aktif dan pembelajaran terkesan
monoton, akibatnya sulit tercipta interaksi antara guru dan peserta didik selama proses
pembelajaran yang akan berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak tercapai.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengembangkan media
pembelajaran wayang pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan?, (2) Bagaimana kualitas
media pembelajaran wayang pada meteri jenis-jenis pekerjaan dilihat dari kevalidannya,
kepraktisannya, dan keefektifannya?
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan media (R&D) Borg
and Gall. Model pengembangan ini terdiri atas (1) Penelitian dan pengumpulan informasi
awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) uji coba produk awal; (5) revisi produk;
(6) uji coba lapangan; (7) revisi produk; (8) uji coba produk akhir; (9) Revisi produk akhir;
dan (10) Implementasi. Subyek penelitian ini peserta didik di SDN Ngadirejo 2 Kediri,
dengan jumlah 24 peserta didik.
Berdasarkan dari hasil validasi para ahli, peneliti mendapatkan presentase 92,5% dari
validasi ahli media, 82.5% dari validasi ahli materi, dan 90% dari validasi ahli pengguna
(praktisi). Kesimpulannya dari data tersebut adalah (1) pengembangan media pembelajaran
wayang pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan di katagorikan valid, praktis dan efektif.
(2) Kualitas media pembeljaran wayang pada meteri jenis-jenis pekerjaan di katagorikan baik
dilihat dari kevalidannya, kepraktisannya, dan keefektifannya.
Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa penelitian pengembangan media
pembelajaran wayang pada materi jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III di SDN Ngadirejo 2
Kediri dinyatakan Valid, Praktis dan Efektif, sehingga mampu digunakan sebagai media
pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran wayang