PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG PADA MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SDN NGADIREJO 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ADE LIA SAIPUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0290

Abstract

Ade Lia Saiputri: Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Pada Materi Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan Siswa Kelas III SDN Ngadirejo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD kelas III di SDN Ngadirejo 2 yang masih dominan menggunakan metode ceramah secara terus menerus. Materi pembelajaran IPS terdapat banyak teori, jadi apabila guru hanya menggunakan media ceramah peserta didik akan kurang aktif dan pembelajaran terkesan monoton, akibatnya sulit tercipta interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran yang akan berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak tercapai. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran wayang pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan?, (2) Bagaimana kualitas media pembelajaran wayang pada meteri jenis-jenis pekerjaan dilihat dari kevalidannya, kepraktisannya, dan keefektifannya? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan media (R&D) Borg and Gall. Model pengembangan ini terdiri atas (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk; (4) uji coba produk awal; (5) revisi produk; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk; (8) uji coba produk akhir; (9) Revisi produk akhir; dan (10) Implementasi. Subyek penelitian ini peserta didik di SDN Ngadirejo 2 Kediri, dengan jumlah 24 peserta didik. Berdasarkan dari hasil validasi para ahli, peneliti mendapatkan presentase 92,5% dari validasi ahli media, 82.5% dari validasi ahli materi, dan 90% dari validasi ahli pengguna (praktisi). Kesimpulannya dari data tersebut adalah (1) pengembangan media pembelajaran wayang pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan di katagorikan valid, praktis dan efektif. (2) Kualitas media pembeljaran wayang pada meteri jenis-jenis pekerjaan di katagorikan baik dilihat dari kevalidannya, kepraktisannya, dan keefektifannya. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran wayang pada materi jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III di SDN Ngadirejo 2 Kediri dinyatakan Valid, Praktis dan Efektif, sehingga mampu digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran wayang

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI