Perbedaan hasil belajar materi daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar dengan menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Problem Based Instruction pada siswa kelas IV SDN Burengan I dan 4 Tahun Pelajran 2017


Author (Penulis)

DEVI RATNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0288

Abstract

Kata Kunci : Model pembelajaran Picture and Picture, Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Hasil Belajar, Daur Hidup Beberapa Hewan Dilingkungan sekitar. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang sesuai. Keberhasian tujuan pembelajaran dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena secara langsung guru dapat mempengaruhi, memotivasi serta meningkatkan ketrampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture (2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dan Problem Based Instruction pada mata pelajaran IPA materi daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik One Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Burengan 1 yang berjumlah 44 Siswa dan 4 yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture memperoleh nilai rata-rata 80,48 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,2% (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction memperoleh nilai rata-rata 72,55 dengan persentase ketuntasan sebesar 40,5 % (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan Problem Based Instruction. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar kognitif postest siswa, penggunaan model pembelajaran Picture and Picture memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran PBI pada materi daur hidup beberapa hewan dilingkungan sekitar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI