Pengaruh Penggunaan Media Wayang Hewan Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Dongeng Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa kelas 2 SDN Srikaton 2 kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017
Author (Penulis)
TRIYA WAHYUNING
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0287
Abstract
ABSTRAK
Triya Wahyuning : Pengaruh Penggunaaan Media Wayang Hewan terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendengarkan dongeng pada siswa kelas 2 SDN Srikaton 2 Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016 / 2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN Pgri Kediri, 2017
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih menggunakan budaya konvensional yaitu ceramah. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, motivasi belajar siswa rendah yang berpengaruh terhadap prestasi belajarnya yang cenderung rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)Apakah kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas II yang dibelajarkan tanpa menggunakan media wayang hewan dapat mencapai KKM? (2) Apakah kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas II yang dibelajarkan dengan menggunakan media wayang hewan dapat mencapai KKM? (3) Apakah ada pengaruh penggunaan media wayang hewan terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng pada siswa kelas II?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Padangan 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas II SDN Srikaton 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan dalam 6 tahapan, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media pembelajaran Lembar Kerja Siswa, dan Rubrik Penilaian Kinerja Siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1)Kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas II SDN Padangan 2 yang dibelajarkan tanpa menggunakan media wayang hewan dapat mencapai KKM. (2) Kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas II SDN Srikaton 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan media wayang hewan dapat mencapai KKM. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media wayang hewan terhadap kemampuan menceritakan kembali isi dongeng siswa kelas II SDN Srikaton 2.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media wayang hewan adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyimak dan berbicara. Oleh karena itu sebagai pendidik harus kreatif terutama dalam hal penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi (2) Pendidik masih harus terus mencoba dan meneliti apakah media wayang hewan dapat diaplikasikan selain pada pelajaran Bahasa Indonesia