PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA SISWA KELAS III SDN JAGALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NURMA KOMSATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0286

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SD Jagalan I dan di SD Jagalan III Kota Kediri tentang kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada kelas III. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Penelitian ini berfokus pada kelas III yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini memiliki hasil: (1) Pembelajaran menggunakan model Mind Mapping tanpa didukung media visual kurang berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Jagalan , dengan ketuntasan klasikal < 70% sebanyak 100% dari jumlah 60 siswa.(2) Pembelajaran menggunakan model Mind Mapping didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Jagalan , pada ketuntasan ? 70% sebanyak 53,3% dari jumlah 60 siswa.(3) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model Mind Mapping didukung media visual dengan tidak didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Jagalan , dengan keunggulan pada penggunaan media visual.Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 3,859 > 0,367 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tidak hanya membutuhkan penyampaian yang diberikan guru saja, namun guru juga harus memberikan suatu pelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat bagi kondisi siswa dan yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran akan berjalan lebih efekti dan siswa mampu menguasai materi yang telah diberikan oleh guru secara mudah. . KATA KUNCI : Mind Mapping

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI