PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA SISWA KELAS III SDN JAGALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
NURMA KOMSATUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0286
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan di SD Jagalan I dan di SD Jagalan III Kota Kediri tentang kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada kelas III. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya masih tergolong rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Penelitian ini berfokus pada kelas III yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design.
Penelitian ini memiliki hasil: (1) Pembelajaran menggunakan model Mind Mapping tanpa didukung media visual kurang berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Jagalan , dengan ketuntasan klasikal < 70% sebanyak 100% dari jumlah 60 siswa.(2) Pembelajaran menggunakan model Mind Mapping didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Jagalan , pada ketuntasan ? 70% sebanyak 53,3% dari jumlah 60 siswa.(3) Terdapat perbedaan pengaruh penerapan model Mind Mapping didukung media visual dengan tidak didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Jagalan , dengan keunggulan pada penggunaan media visual.Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 3,859 > 0,367 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Disimpulkan bahwa siswa dalam mengikuti proses pembelajaran tidak hanya membutuhkan penyampaian yang diberikan guru saja, namun guru juga harus memberikan suatu pelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat bagi kondisi siswa dan yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari oleh siswa sehingga proses pembelajaran akan berjalan lebih efekti dan siswa mampu menguasai materi yang telah diberikan oleh guru secara mudah.
.
KATA KUNCI : Mind Mapping