PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KARENA PELAPUKAN PADA SISWA KELAS V SDN MOJOSARI 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

FEBY DELI ARSIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0284

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi proses pembentukan tanah, guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang sesuai. Hal tersebut menjadikan siswa cenderung pasif yang berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan proses pembentukan tanah karena pelapukan yang diajarkan menggunakan model Circuit Learning tanpa media konkret pada siswa kelas V SDN Mojosari 1 Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan yang diajarkan dengan model Circuit Learning didukung media konkret pada siswa kelas V SDN Mojosari 1 Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Circuit Learning didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan pada siswa kelas V SDN Mojosari 1 Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-exsperimental desain Intact-Group Comparison dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V di SDN Mojosari 1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan di SDN Mojosari 2 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes subjektif. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran berupa RPP. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan menggunakan model Circuit Learning tanpa media konkret pada siswa kelas V SDN Mojosari 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 tergolong masih rendah dengan nilai rata-rata posttest 71,00 kurang dari nilai KKM (75). (2) Kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan menggunakan model Circuit Learning didukung media konkret pada siswa kelas V SDN Mojosari 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah tinggi yakni nilai rata-rata posttest 82,45 lebih dari nilai KKM (75). (3) Ada pengaruh yang signifikan pengaruh model Circuit Learning didukung media konkret dengan menggunakan model Circuit Learning tanpa media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan porses pembentukan tanah karena pelapukan pada siswa kelas V SDN Mojosari 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 82,45 dan untuk kelas kontrol 71,00. Selain itu berdasarkan hasil analisis uji-t dengan menggunakan Independent Samples T-Tes didapat dari nilai t-hitung > t-tabel 5% yaitu 5,022 > 2,024 dan untuk nilai Sig. < 0,005 yaitu 0,000 < 0,05. Kata kunci : Model circuit learning, media konkret, proses pembentukan tanah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI