PENGARUH MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT SISWA KELAS IV SDN BARENG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NOFIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0282

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa dan diskusi dengan guru kelas, bahwa aktivitas pembelajaran IPS masih menggunakan aktivitas klasikal, yaitu guru hanya menjelaskan materi kepada siswa. Proses pembelajaran diselingi dengan kegiatan tanya jawab tentang materi dan mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan tujuan agar siswa aktif, namun siswa yang aktif hanya beberapa siswa yang memang memiliki peringkat baik di kelas, sedangkan siswa yang lain hanya diam dan mendengarkan. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat tanpa menggunakan model Time Token pada siswa kelas IV SDN Bareng tahun ajaran 2016/2017 (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat dengan menggunakan model Time Token pada siswa kelas IV SDN Bareng tahun ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh model Time Token terhadap kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat siswa kelas IV SDN Bareng tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan quasi-experimen dengan tipe non-equivalent control group design untuk mengetahui hasil yang didapat dalam pre tes dan post tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bareng yang berjumlah 57 siswa dua SDN Bareng 1 dan SDN Bareng 3. Parameter yang diukur adalah kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat, yang diukur dengan tes hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat tanpa menggunakan model Time Token pada siswa kelas IV SDN Bareng 3 Kabupaten Nganjuk dinyatakan tidak mencapai KKM. (2) Kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat menggunakan model Time Token pada siswa kelas IV SDN Bareng 1 Kabupaten Nganjuk dinyatakan mencapai KKM. (3) Terdapat pengaruh model Time Token terhadap kemampuan menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya setempat pada siswa kelas IV SDN Bareng Kabupaten Nganjuk. KATA KUNCI :Model Time Token, Kemampuan menjelaskan, keragaman suku bangsa dan budaya daerah setempat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI