PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN MENGOMENTARI TOKOH-TOKOH CERITA ANAK PADA SISWA KELAS 3 PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN BANDUNG I TAHUN AJARAN 2017/2018
Author (Penulis)
FAHMA CITRA NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0277
Abstract
ABSTRAK
Fahma Citra Ningsih: PengaruhModel Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Wayang Terhadap Kemampuan Mengomentari Tokoh-Tokoh Cerita Anak pada Siswa Kelas 3 Pembelajaran Bahasa Indonesia DiSDN Bandung 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, PGSD, FKIP UNPgri Kediri, 2017.
Kata kunci : Model Talking Stick, Pengaruh, Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan siswa dalam mengomentari tokoh-tokoh cerita anak pada siswa kelas 3 SDN Bandung 1 masih rendah. Hal ini terbukti dari nilai pretest yang tidak dapat mencapai KKM pada semua siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi kemampuan siswa dalam mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan tanpa media wayang pada siswa kelas 3 SDN Bandung 1.?(2) Mengidentifikasi kemampuan siswa dalam mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan dengan media wayang pada siswa kelas 3 SDN Bandung 1. Mengidentifikasi apakah ada pengaruh media wayang terhadap kemampuan mengomentari tokoh-tokoh cerita anak pada siswa kelas 3 SDN Bandung 1.
?Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian ?siswa Kelas 3 SDN Bandung 1 Tahun Ajaran 2017/2018?. ?Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa?, ?tes hasil belajar siswa dan instrument berupa soal ujian?. ?Teknik? analisis yang digunakan teknik analisis deskriprif kualitatif serta kuantitatif?.?
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ? Kemampuan siswa dalam mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan dengan menggunakan model Talking Stick tanpa didukung media wayang pada siswa kelas 3 SDN Bandung 1 tahun ajaran 2017/2018 dapat mencapai KKM di mana pada postest 65% dapat mencapai KKM, sedangkan 35% belum mencapai KKM (2) Kemampuan siswa dalam mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan dengan menggunakan model Talking Stick didukung media wayang pada siswa kelas 3 SDN Bandung 1 tahun ajaran 2017/2018 dapat mencapai KKM di mana pada posttest semua siswa (100%) mencapai KKM (3) ?Ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick didukung media wayang terhadap kemampuan mengomentaritokoh-tokoh cerita anak pada siswa kelas 3 pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Bandung 1 Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai nilai t hitung>t tabel (8,623< -2,024)dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) pada uji t independent.