PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DIDUKUNG PERMAINAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN JAGALAN 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

EMY SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0275

Abstract

ABSTRAK Emy Susanti : Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick didukung permainan tebak kata Terhadap Hasil Belajar IPA materi sumber energi pada siswa kelas IV semester 2 SDN Jagalan 3 tahun ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri. Kata Kunci : Model Talking Stick, Media Permainan tebak kata,Sumber Energi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran IPA di SD yang masih didominasi oleh peran guru. Serta kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan sumber energi menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Talking Stick didukung permainan tebak kata. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick didukung permainan tebak kata terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jagalan 3 pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi sumber energi”. (2) “Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick tanpa didukung permainan tebak kata terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Jagalan 1 pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi sumber energi”. (3) “Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jagalan 3 dan SDN Jagalan 1 pada mata pelajaran IPA materi sumber energi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick didukung permainan tebak kata dan tanpa didukung permainan tebak kata”. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian SDN Jagalan 3 yakni kelas IV (kelompok eksperimen) dan SDN Jagalan 1 kelas IV (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Talking Stickdidukung Permainan tebak kata sangat berpengaruh signifikan terhadap materi sumber energi, hal ini terbukti dari nilaithitung (6,044) > ttabel 5%(2,074). Dengan rerata 85,17. (2) Penggunaan model talking sticktanpa permainan tebak kata berpengaruh signifikan terhadap materi sumber energi, hal ini terbuktihal ini terbukti dari nilai thitung (3,765) > ttabel 5%(2,064). Dengan nilai rerata kurang yaitu 70,56(3) Terdapat perbedaan pengaruh sangat signifikan penggunaan model Talking Stick didukung Permaianan Tebak kata.

Keyword

TALKING STICK

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade