Pengaruh model think pair share (TPS) didukung media audio visual terhadap kemampuan menulislan petunjuk untuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat pada siswa kelas IV SDN Nglundo II Nganjuk tahun 2016/2017


Author (Penulis)

ARIF DARMAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0274

Abstract

ABSTRAK Arif Darmawan : Pengaruh Model Think Pair Share didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menuliskan petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat pada siswa kelas IV SDN Nglundo 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2016 / 2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI KEDIRI, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pem-belajaran bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh peran guru. Hal ini menyebabkan siswa pasif hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru tanpa ikut serta dalam proses pembelajaran. Pembelajaran seperti ini membuat siswa kurang tertarik pada pelajaran dan siswa cenderung bosan. Sehingga hasil yang diperoleh kurang maksimal, serta tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas IV SDN Nglundo 2 dalam menuliskan petunjuk untuk melakukan sesuatu dengan urutan tepat menggunakan model pembelajaran Think Pair Share tanpa didukung media audio visual. (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas IV SDN Nglundo 2 dalam menuliskan petunjuk untuk melakukan sesuatu dengan urutan tepat menggunakan model pembelajaran Think Pair Share didukung media audio visual. (3) Apakah model pembelajaran Think Pair Share didukung media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan petunjuk untuk melakukan sesuatu dengan urutan tepat pada siswa kelas IV SDN Nglundo 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian kelas IV SDN Nglundo 2 yakni sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas IV SDN Nglundo 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan analisis data kelas eksperimen dengan model TPS didukung media audio visual diperoleh nilai rata-rata 82,29 dan kelas kontrol dengan model TPS tanpa didukung media audio visual diperoleh rata-rata 74,79. Dari pengujian uji-t diperoleh thitung = 4,185 > ttable = 2,012 dengan taraf signifikan 5% dan df = 34. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak Ha diterima, maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan model Think Pair Share didukung media audio visual terhadap kemampuan menuliskan petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat pada siswa kelas IV SDN Nglundo 2 Nganjuk tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model Think Pair Share, media audio visual, kemampuan menuliskan petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI