PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SD TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

FARCHATU RACHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0273

Abstract

Farchatu Rachmawati: Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Mengenal Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Siswa Kelas V, Sekolah Dasar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan validitas media pembelajaran multimedia interaktif pada materi mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar dan (2) mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran multimedia interktif pada materi mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengolah data berupa (saran/kritik/catatan) respon dari responden yaitu angket validasi ahli dan angket respon guru kelas V, sedangkan analisis kuantitatif untuk mengolah data dari angket validasi ahli dan angket respon guru kelas V dan siswa serta hasil tes siswa untuk memperoleh dua jenis data yaitu data kevalidan dan keefektifan. Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif. Hasil nilai validasi ahli materi adalah 96 yang berarti media sangat valid, sangat baik untuk digunakan. Hasil nilai validasi ahli media adalah 96 yang berarti media sangat valid, sangat baik untuk digunakan. Nilai validitas gabungan dari hasil validasi ahli adalah 96 yang berarti media sangat valid, sangat efektif, dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil rata-rata nilai uji coba terbatas adalah 87,6 dan hasil rata-rata nilai uji luas adalah 87,8 yang berarti kriteria ketuntasan diatas KKM ? 75, maka media dikatakan efektif dan media tersebut menjadi sebuah produk yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon guru kelas V uji coba terbatas adalah 97,5 dan hasil angket respon guru kelas V uji luas adalah 95 menunjukkan kriteria media sangat valid, sangat efektif, dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil angket respon siswa uji coba terbatas adalah 91,5 dan hasil angket respon siswa uji luas adalah 93,7 menunjukkan kriteria media sangat valid, sangat efektif, dapat digunakan, tanpa perbaikan. Hasil pengembangan media multimedia interaktif ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru untuk memperhatikan dan menerapkan media pembelajaran yang tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan, tetapi juga dapat menarik antusias belajar siswa dalam proses pembelajaran. KATA KUNCI: Pengembangan Multimedia Interaktif, Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI