PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PEMBENTUKAN TANAH KARENA PELAPUKAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 KEDUNGWARU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
LAYINATUL AMIROTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0272
Abstract
ABSTRAK
Layinatul Amiroti: Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Pembentukan Tanah Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kedungwaru Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi proses pembentukan tanah karena pelapukan , guru belum menggunakan pembelajaran dan media yang sesuia. Oleh sebab itu siswa menjadi cenderung pasif sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah.Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) tanpa media konkrit pada siswa kelas V SDN 1 Kedungwaru Tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) didukung media konkrit pada siswa kelas V SDN 1 Kedungwaru Tahun pelajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran creative problem solving didukung media konkrit terhadap kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan pada siswa kelas V SDN Kedungwaru Tahun Pelajaran 2016/2017?.Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Subjek Penelitian ini dilakukan pada siawa kelas V SDN 1 Kedungwaru. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda, untuk menganalisis data peneliti menggunakan program SPSS 18 for window.Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan yang diajarkan tanpa menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) dan media konkrit pada siswa kelas V SDN 1 Kedungwaru Tahun pelajaran 2016/2017 cenderung rendah dengan nilai rata-rata 70,69 dengan nilai klasikal 62% dibawah KKM 75 (2) Kemampuan siswa mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) didukung media konkrit meningkat dengan nilai rata – rata 79,83 dengan nilai klasikal 90% di atas KKM 75 (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) didukung media konkrit terhadap kemampuan mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan pada siswa kelas V SDN Kedungwaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan Asymp.Sig.(2-tailed) 0,000<0,05.
KATA KUNCI :
Model Creative Problem Solving (CPS), media konkrit, proses pembenetukan tanah