PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DIDUKUNG MEDIA MINIATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN KAB/KOTA DAN PROVINSI SERTA HUBUNGANNYA DENGAN KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SD ISLAM TERPADU EMPAT MEI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DITA AYU ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0271

Abstract

ABSTRAK Dita Ayu Anggraini : pengaruh model pembelajaran think pair and share didukung media miniatur terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kab/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya pada siswa kelas IV SD Islam Terpadu Empat Mei tahun ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci :Think Pair and Share, media miniatur, Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam masih dibawah KKM karena dalam pembelajaran siswa pasif, psoses pembelajaran cenderung monoton sehingga tujuan pembelajaran yang dicapai kurang maksimal. Permasahalan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiman kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya tanpa menggunakan model pembelajaran think pair and share dan didukung media miniatur siswa kelas IV SD Islam Terpadu Empat Mei tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share didukung media miniatur siswa kelas IV SD Islam Terpadu Empat Mei tahun ajaran 2016/2017? (3) Apakah ada pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran think pair and share didukung media miniatur terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya siswa kelas IV SD Islam Terpadu Empat Mei tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Desaign dengan pendekatan penelitian kuantitatif.Analisis data yang digunakan adalah SPSS 18 for Windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemampuan siswa mendeskripsikan kenampakan alam tanpa menggunakan model pembelajaran TPS dan dikukung media miniatur mendapat nilai rata-rata 72,68. Jadi, kemampuan siswa kelas IV SD Islam Terpadu Empat Mei dalam mendeskripsikan kenampakan alam tanpa menggunakan model pembelajaran TPS dan tidak didukung media miniatur masih di bawah KKM. (2) Kemampuan siswa mendeskrpsikan kenampakan alam dengan menggunakan model pembelajaran TPS didukung media miniatur mendapat nilai rata-rata 88,96. Jadi kemampuan siswa SD Islam Terpadu Empat Mei dalam mendeskripsikan kenampakan alam dengan menggunakan model pembelajaran TPS didukung media miniatur mengalami peningkatan diatas KKM. (3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran TPS didukung media miniatur terhadap kemampuan mendeskripsikan pada siswa kelas IV SD Islam Terpadu Empat Mei tahun ajaran 2016/2017 hal ini dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran TPS didukung media miniatur dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran TPS dan media miniatur adalah 88,96 > 72,68. KATA KUNCI : Think Pair And Share, Media Miniatur, Ilmu Pengetahuan Sosial

Keyword

Think Pair and Share, Media Miniatur, Ilmu Pengetahuan Sosial

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade