PENGARUH MODEL PAIR CHECKS DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA BUNGA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS 4 SDN LIRBOYO IV TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ASTRI DWI NOFITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0268

Abstract

Astri Dwi Nofita Sari : pengaruh model pair checks didukung media konkrit terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa kelas iv sdn lirboyo 4 kota kediri tahun ajaran 2016 / 2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci : Model Pair checks, media Konkrit, kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya masih tergolong rendah dibawah KKM karena di dalam pembelajaran siswa pasif dan proses pembelajaran cenderung monoton dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016 / 2017 dalam menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya tanpa menggunakan model pair checks dan tidak didukung media konkrit ? (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016 / 2017 dalam menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya dengan menggunakan model pair checks didukung media konkrit ? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pair checks dan didukung media konkrit terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016 / 2017 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest kontrol Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif Analisis data yang digunakan adalah Spss 16 for Windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa tanpa menggunakan model pembelajaran pair checks dan tidak dikukung media konkrit pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 Tahun Ajaran 2016/2017 dibawah KKM 75, nilai yang diperoleh siswa rata-rata 74,33 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa masih memperoleh nilai dibawah KKM 75.(2) Kemampuan menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran pair checks didukung media konkrit pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 Tahun Ajaran 2016/2017 diatas KKM 75, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 91,43 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memperoleh diatas KKM 75. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pair checks didukung media konkrit terhadap kemampuan hubungan antara bunga dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 Tahun Ajaran 2016/2017hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai rata-rata menggunakan model pair checks didukung media konkrit dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan model pair checks dan media konkrit adalah 91,43>74,33.

Keyword

MEDIA KONKRIT

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade