PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA PADA SISWA KELAS V SDN GAYAM KECAMATAN GURAH TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

AGAN PRAHASTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0267

Abstract

ABSTRAK Agan Prahastiwi : Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Audio- Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia yang Dapat Mempengaruhinya pada Siswa Kelas V SDN Gayam Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penilitian ini dilatar belakangi oleh observasi yang dilakukan peniliti, bahwa dari hasil ujian harian pada mata pelajaran IPA materi proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya nilai rata- rata siswa masih di bawah KKM, hal ini disebabkan oleh penggunaan metode, model maupun media pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Mengakibatkan siswa menjadi pasif, serta sulit tercipta interaksi antara guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya tanpa menggunakan model talking stick didukung media gambar terhadap siswa kelas V SDN Gayam; (2) Mengetahui kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dengan menggunakan model talking stick didukung media audio visual terhadap siswa kelas V SDN Gayam; (3) Mengetahui pengaruh model talking stick didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya siswa kelas V SDN Gayam.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok. Kelompok pertama diberi perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan yaitu kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan menggunakan metode uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Adapun hasil perbandingan t hitung dengan t tabel dari hasil analisis data menggunakan metode uji-t adalah t hitung (2,515) ? t tabel (2,01808) taraf signifikan 5%. Dari perbandingan tersebut, maka H0 ditolak. Sehingga dapat dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya (1)tanpa menggunakan model talkin stick didukung media gambar mendapatkan nilai rata-rata 82,27 (2) menggunakan model talking stick didukung media audio- visual mendapatkan nilai rata-rata 87,73; (3)Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick didukung media audio- visual terhadap Kemampuan mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Gayam. Kata Kunci : Model talking stick, Media Audio-Visual, Ilmu Pengetahuan Alam, Proses Daur Air dan Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI