Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentences Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Melengkapi Puisi Anak Pada Siswa Kelas 3 SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

ADE YULIANA AGUSTIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0265

Abstract

ABSTRAK Ade Yuliana Agustian. Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentences Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Melengkapi Puisi Anak Pada Siswa Kelas 3 SDN Petok Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Complete Sentences, media gambar, kemampuan, melengkapi puisi anak. Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini pada umumnya lebih didominasi oleh model pembelajaran konvensional, dimana pembelajaran diawali dengan penyampaian materi oleh guru dengan cara ceramah dilanjutkan dengan tanya jawab dan penugasan, sehingga siswa cederung pasif dan menerima apa adanya materi yang diajarkan tanpa berusaha membalas dan memahaminya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu Model Pembelajaran Complete Sentences dengan dukungan media gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Complete Sentences didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan melengkapi puisi anak pada siswa kelas 3 SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui apakah model konvensional didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan melengkapi puisi anak pada siswa kelas III MI Mambaul Hikmah Petok Tahun Pelajaran 2016/2017, dan 3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Complete Sentences didukung media gambar dan model konvensional siswa kelas III SDN Petok Tahun Pelajaran 2016/2017 terhadap kemampuan melengkapi puisi anak pada siswa kelas III SDN Petok Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan analisis uji-t menggunakan Independent sample test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Complete Sentences didukung media gambar dibanding model konvensional didukung media gambar, hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan Model Pembelajaran Complete Sentences didukung media gambar adalah 85.40, lebih baik dari pada kelas yang diajar dengan model konvensional didukung media gambar adalah 72.22.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI