PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS IV SDN TANGGUNG II DAN III KABUPATEN TULUNGAGUNG 2017/2018


Author (Penulis)

ERIN YUWANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0264

Abstract

ABSTRAK Erin Yuwanita: Pengaruh Metode Problem Solving didukung media audio visual terhadap kemampuan menghitung penjumlahan bilangan bulat kelas IV SDN Tanggung II dan III Tahun 2017/2018. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatar belakangi dengan menggunakan metode Problem Solving siswa akan dilibatkan secara langsung dengan permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa. Dalam problem solving siswa juga didorong untuk untuk mencari dan memecahkan suatu masalah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Peneliti juga akan menggunakan media audio visual yang diharapkan konsentrasi siswa akan tertuju pada materi yang akan dipelajari, dan dengan media tersebut siswa juga akan lebih mudah memahami materi karena dalam media tersebut terdapat dua unsur yaitu suara dan gambar .Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan menghitung penjumlahan bilangan bulat tanpa menggunakan metode Problem Solving dan tanpa di dukung media audio visual siswa kelas IV SDN Tanggug II Kabupaten Tulungagung pada tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui kemampuan menghitung penjumlahan bilanganbulat dengan menggunakan metodeProblem Solving di dukung media audio visual padasiswakelas IV SDN Tanggung III Kabupaten Tulungagung pada tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui perbedaan siswa dalam kemampuan menghitung penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan metode problem solving di dukung media audio visual dantanpa di dukung media audio visual padasiswakelas IV SDN Tanggung II dan III Kabupaten Tulungagung pada tahun ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendakatan kuantitatif, Teknik penelitian eksperimental dengan tipe eksperimen semu (Quasi eksperimen) Analisis data yang digunakan adalh SPSS 16for Windows menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%.Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menghitung penjumlahan bilangan bulat menggunakan metode problem solving tanpa didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Tanggung II Tahun ajaran 2017/2018 di bawah KKM 75, nilai yang diperoleh siswa rata-rata 65,45 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa masih memperoleh nilai di bawah KKM 75.(2) Kemampuan menghitung penjumlahan bilangan bulat menggunakan metode problem solving didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Tanggung III Tahun ajaran 2017/2018 di atas KKM 75, nilai yang diperoleh siswa rata-rata 90,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa masih memperoleh nilai diatas KKM 75.(3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving didukung media audio visual pada siswa kelas IV SDN Tanggung II dan III Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018 hal tersebut dapat dilihat dari perbandingan perolehan nilai rata-rata menggunakan metode problem solving didukung media audio visual di bandingkan pembelajaran menggunakan metode problem solving tanpa menggukan media audio visual adalah 90,00 > 65,45. KATA KUNCI: Metode Problem Solving, Media audio visual, Kemampuan menghitung penjumlahan bilangan bulat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI