Pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas v semester 2 SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017-2018


Author (Penulis)

ERA ARIF VIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0263

Abstract

Era Arif Vianto : Pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Kata kunci : Model kooperatif tipe Think Pair Share, media Konkret, mendeskripsikan gaya magnet. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi peneliti, bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan tanpa penggunaan media, sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Bertolak dari keadaan tersebut maka peneliti menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share dan media konkret pada pembelajaran IPA materi Gaya Magnet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret dibanding model kooperatif tipe Think Pair Share tanpa didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest kontrol Group Design, pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian yaitu, seluruh siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas Va sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share tanpa didukung media konkret dan kelas Vb sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret. Untuk menganalisis data menggunakan rumus Paired Sample Test dan Independent Sample Test. Sedangkan untuk uji ketuntasan belajar siswa secara klasikal digunakan rumus Jenjang Persentil (JP) Hasil analisis data dalam penelitian ini : (1) Perlakuan model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk, tingkat signifikan 0,00. (2) Perlakuan model kooperatif tipe Think Pair Share tanpa didukung media konkret berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk, tingkat signifikan 0,00. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk, tingkat signifikan 0,00. Kemudian ketuntasan klasikal hasil belajar penggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret adalah 86%, lebih baik dari pada kelas yang diajar dengan model kooperatif tipe Think Pair Share tanpa didukung media konkret adalah 65%. Simpulan hasil penelitian adalah ada pengaruh dengan model kooperatif tipe Think Pair Share didukung media konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan gaya magnet pada siswa kelas V SDN Katerban 2 Kabupaten Nganjuk.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI