Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual pada standar kompetensi memahami gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda untuk siswa kelas IV sekolah dasar
Author (Penulis)
SUNARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0262
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan berdasarkan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA masih berbasis tekstual dan bahan ajar belum memenuhi kebutuhan siswa dalam mencapai kompetensi serta respon siswa rendah sebab siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Dapatkah dikembangkan bahan ajar IPA berbasis kontekstual untuk siswa kelas IV SDN Singonegaran I kota Kediri? (2) Bagaimana respon guru terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual kelas IV SDN Singonegaran I kota Kediri? (3) Bagaimana respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual kelas IV SDN Singonegaran I kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Singonegaran I kota Kediri. Penelitian pada tahap uji coba terbatas dan uji coba lapangan (luas) dilaksanakan pada kelas IV yang memiliki kelas paralel, menggunakan instrumen berupa lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon siswa.
Kesimpulan hasil peneltian ini adalah (1) Pengembangan menghasilkan draf berupa bahan ajar IPA berbasis kontekstual untuk siswa kelas IV SDN Singonegaran I kota Kediri dengan menggunakan model ADDIE modifikasi dan dilakukan validasi memperoleh skor 3,40 dengan kriteria valid. (2) Respon guru selama dan setelah pembelajaran terhadap bahan ajar IPA berbasis kontekstual yang telah dikembangkan dengan model ADDIE yang telah dimodifikasi memperoleh respon yang sangat baik dengan skor akhir 92% dan dinilai sangat layak digunakan. (3) Respon siswa selama dan setelah pembelajaran terhadap bahan ajar IPA berbasis kontekstual yang telah dikembangkan dengan model ADDIE yang telah dimodifikasi memperoleh respon dengan kategori sedang dengan skor rata-rata akhir 87.96.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Hasil pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual bisa diterapkan untuk siswa kelas IV sekolah dasar khususnya pada standar kompetensi memahami gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda, sebab dengan bahan ajar ini pembelajaran lebih bermakna dan tahapan-tahapan kontekstual mengajak siswa untuk aktif dalam membentuk pengetahuan.
Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, IPA, Pendekatan Kontekstual.
?