Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Membuat Denah dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah pada Siswa Kelas III SDN Kalidawir 3 Tulungagung
Author (Penulis)
YOGI HANADIOKTA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0261
Abstract
Yogi Hanadiokta : Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Membuat Denah dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah pada Siswa Kelas III SDN Kalidawir 3 Tulungagung
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah pembelajaran materi membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah yang masih menggunakan media gambar denah dan peta. Hasilnya, siswa tidak dapat mendeskripsikan struktur bumi dengan baik. Selain itu, ketertertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung pasif karena guru hanya menggunakan media berupa gambar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, (1) bagaimana mengembangkan media Pop-Up pada materi membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III SDN Kalidawir 3? (2) bagaimana kualitas media Pop-Up jika dilihat dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran?
Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Develipment), yaitu penelitain dan pengembangan menggunakan model menurut Borg dan Gall yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: (1) melakukan studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba perorangan, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba terbatas, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba terbatas, (8) uji pelaksanaan secara luas, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) desiminasi dan implementasi. Dengan subjek penelitian siswa kelas III SD.
Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur utama dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan observasi, (2) melakukan tinjauan dan mengkaji materi, (3) membuat prototipe media dan validasi media Pop-Up, (4) uji coba pada 10 siswa, (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba produk pada 15 siswa, (7) penyempurnaan media, (8) Uji coba secara luas yaitu 30 siswa, (9) penyempurnaan media, (10) menyampaikan hasil pengembangan kepada masyarakat umum. Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kevalidan mecapai 80,5%, kepraktisan produk mencapai 75,8%, serta keefektifan produk mencapai 90%. Dengan demikian produk media Pop-Up ini dinyatakan valid, praktis serta efektif.
Kata kunci: pengembangan media, Pop-Up, denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah.