PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN KELAS V SDN ROWOHARJO 1 TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
AIMATUS SHOLIKHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0258
Abstract
Abstrak
Aimatus Sholikhah: Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V Sdn Rowoharjo 1 Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2013.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran bahasa Indonesia masih didominasi dengan kegiatan mendengarkan lalu mengerjakan tugas. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran menjadi membosankan dan tidak menyenangkan. Akibatnya pembelajaran justru akan menghambat kreativitas siswa dalam menulis.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media Pop Up Book untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan kelas V SD. (2) Mengetahui efektivitas media Pop Up Book untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan kelas V SD.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R & D) dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Rowoharjo. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap , yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebarluasan).
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penelitian pengembangan media Pop Up Book yang dilakukan telah menghasilkan media pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan yang telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa kelas V SD. (2) Berdasarkan hasil validasi materi maupun media diperoleh hasil kualitas media pembelajaran Pop Up Book pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah validsebagai media pembelajaran. (3) Melalui uji coba terbatas berdasarkan respon siswa adalah positif. (4) Melalui uji coba terbatas berdasarkan respon guru diperoleh bahwa media Pop Up Book positif terhadap pembelajaran. (5) Melalui uji coba luas menunjukkan hasil nilai pada kelas experimen mengalami peningkatan dibandingkan pada kelas kontrol.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Pop Up Book memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis kreatif siswa, oleh karena itu kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media Pop Up Book sebagai alat bantu dalam belajar perlu dikembangkan untuk materi menulis karangan. (2) Sekolah perlu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan pada siswa termasuk dalam pemilihan sumber belajar bagi siswa. Sumber belajar harus mempertimbangkan unsur kesenangan siswa.
Kata kunci: media Pop Up Book, kemampuan menulis kreatif, menulis karangan.