EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN WAKTU, JARAK DAN KECEPATAN KELAS 5 SDN 1 KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RISKA VIRGIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0257

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti. Proses pembelajaran matematika di SDN 1 Kedungwaru masih mengacu pada rumus atau teori yang ada, tidak mengaitkan masalah atau soal tersebut dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran yang membosankan bagi peserta didik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah model problem based learning tanpa pendekatan realistic mathematics education efektif digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan ? (2) Apakah model problem based learning dengan pendekatan realistic mathematics education efektif digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian eksperimental.Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif karena dalam penelitian peneliti menggunakan angka dalam mengolah maupun menafsir data dan peneliti menggunakan teknik penelitian eksperimental karena peneliti membandingkan 2 kelas yaitu kelas kontrol (32 siswa) dan kelas eksperimen (35 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kontrol mendapatkan perhitungan t-hitung = 2,333 > t-tabel = 2.039, dengan demikian H0 ditolak dan perhitungan nilai post test rata-rata 75,45, sedangkan kelas eksperimen mendapat perhitungan t-hitung = 2,163 > t-tabel = 2.032, dengan demikian H0 ditolak dan perhitungan nilai post test nilai rata-rata 80,85. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa yang pembelajarannya diterapkan model problem based learning tanpa pendekatan realistic mathematics education efektif digunakan dan kemampuan berfikir kreatif siswa yang pembelajarannya diterapkan model problem based learning dengan pendekatan realistic mathematics education juga efektif digunakan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI