PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DIDUKUNG MEDIA GARIS BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN PETOK KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ZAENAL BEKTI SUSILO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0256

Abstract

ABSTRAK Zaenal Bekti Susilo: Pengaruh Model Numbered Head Together (NHT) Didukung Media Garis Bilangan Terhadap Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. KATA KUNCI: Model NHT, media garis bilangan, kemampuan menjumlahkan bilangan bulat. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang menunjukkan bahwa kemampuan menjumlahkan bilangan bulat tergolong rendah. Hal tersebut terbukti hasil menjumlahkan bilangan bulat, hanya terdapat 40% siswadalam kelas yang mencapai nilai KKM (75). Hal tersebut disebabkan antara lain saat guru menyampaikan materi bilangan bulat masih menggunakan lisan dan belum menggunakan model dan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga membuat aktivitas siswa monoton, membosankan dan kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model NHT didukung media garis bilangan dalam pembelajaran menjumlahkan bilangan bulat. Tujuan dalam penelitian ini meliputi: (1) untuk mengetahui kemampuan menjumlahkan bilangan bulat sebelum menggunakan model numbered head together didukung media garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, (2) untuk mengetaui kemampuan menjumlahkan bilangan bulat sesudah menggunakan model numbered head together didukung media garis bilangan pada siswa kelas IV SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model numbered head together didukung media garis bilangan terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian (Pre-Experimental Design), desain tes akhir (Pretest-posttest Group Design). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Petok yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumen berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung 9,06 ? ttabel 2,06 pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 24, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media NHT didukung media garis bilangan terhadap kemampuan menjumlahkan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Petok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan model NHT didukung media garis bilangan untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi bilangan bulat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI