PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DIDUKUNG MEDIA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN PENGAMATAN TENTANG GERAK BENDA PADA SISWA KELAS III SMESTER II SDN GAYAM KECAMATAN GURAH


Author (Penulis)

RINDA TIARA SANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0255

Abstract

ABSTRAK Rinda Tiara Santi: Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Didukung Media Konkrit Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Gerak Benda pada Siswa Kelas III SDN Gayam. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: Model Pembelajaran GI, Media konkrit, Kemampuan Menyimpulkan Pengamatan Tentang Gerak Benda. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penelitian terdahulu, bahwa pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih menggunakan pembelajaran yang konvensional. Pembelajaran konvensional yang dimaksud adalah pembelajaran yang menitik beratkan pada transfer ilmu semata tanpa memperhatikan pembelajaran bermakna. Dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru karena guru beranggapan bahwa guru adalah satu-satunya sumber informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Sehingga berdampak kepada menurunya hasil belajar siswa. Maka dibutuhkan suatu pendekatan yang cocok untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menyimpulkan pengamatan tentang gerak benda dengan model pembelajaran Group Investigation tanpa didukung media konkrit ? (2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan pengamatan tentang gerak benda dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation didukung media konkrit ? (3) Apakah ada perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation didukung media konkrit dengan tanpa didukung media konkrit terhadap kemampuan menyimpulkan pengamatan gerak benda. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan analisis uji-t menggunakan Non equivalent Control Group Design untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pretest materi menyimpulkan pengamatan gerak benda memperoleh nilai rata-rata 60,38 dan hasil posttest dengan materi yang sama memperoleh nilai rata-rata 74,03. (2) Hasil pretest materi menyimpulkan pengamatan gerak benda memperoleh nilai rata-rata 60,38 dan hasil posttest dengan materi yang sama memperoleh nilai rata-rata 85,19. (3) Ada perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation didukung media konkrit terhadap kemampuan menyimpulkan pengamatan tentang gerak benda pada siswa kelas III SDN Gayam. Berdasarkan simpulan dari peneliti ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation didukung media konkrit terhadap kemampuan menyimpulkan pengamatan tentang gerak benda.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI