PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA 3 DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 4 TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

IENDAH SRI LESTARI NUR FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0253

Abstract

ABSTRAK Iendah Sri Lestari Nur Fadilah : Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Didukung Media Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SDN Lirboyo 4 Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan pengalaman peneliti, bahwa guru dalam mengajar khususnya pembelajaran Matematika di SD masih menggunakan metode konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan akan sulit tercipta interaksi antara guru dan siswa saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016/2017 yang menggunakan metode konvensional didukung media tiga dimensi ?; (2) Bagaimana hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016/2017 yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining didukung media tiga dimensi ?; (3) Adakah pengaruh model Student Facilitator and Explaining didukung media tiga dimensi terhadap hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Dalam desain ini terdapar dua kelompok. Kelompok pertama diberi perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok yang lain tidak yaitu kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan menggunakan metode uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Adapun hasil perbandingan t hitung dengan t tabel dari hasil analisis data menggunakan metode uji-t adalah t hitung 2,034 ? t tabel 2,010 taraf signifikan 5%. Dari perbandingan tersebut, maka H0 ditolak. Sehingga dapat dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016/2017 yang menggunakan metode konvensional didukung media tiga dimensi mendapatkan nilai rata-rata 75,60, median 75,00 dan modus 80,00; (2) Hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016/2017 yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining didukung media tiga dimensi mendapatkan nilai rata-rata 82,80, median 85,00 dan modus 90,00; (3) Adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining didukung media tiga dimensi terhadap hasil belajar materi bangun ruang pada siswa kelas IV SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016/2017. KATA KUNCI : Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Media Tiga Dimensi, Matematika, Bangun Ruang Sederhana.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI