PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN DERMO 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

VITRIA SUCI SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0251

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran IPA tentang materi energi alternatif dan penggunaannya dalam kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh peran guru dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar siswa materi energi alternatif dan penggunaannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 (2) Mengetahui hasil belajar siswa materi energi alternatif dan penggunaanya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting tanpa didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 (3) Menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting didukung media gambar terhadap hasil belajar siswa materi energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, menggunakan instrumen silabus dan RPP. Hasil analisis pada hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting didukung media gambar ditunjukkan dengan nilai rata-rata 85,36, hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting tanpa didukung media gambar ditunjukkan dengan nilai rata-rata 75,77. Dan hasil uji t independen sampel menunjukkan sig. (2-tailed) 0,006 dengan taraf signifikan 5%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI