PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBING PROMPTING DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ENERGI ALTERNATIF DAN PENGGUNAANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN DERMO 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
VITRIA SUCI SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0251
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa pembelajaran IPA tentang materi energi alternatif dan penggunaannya dalam kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh peran guru dan hasil belajar siswa rendah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar siswa materi energi alternatif dan penggunaannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 (2) Mengetahui hasil belajar siswa materi energi alternatif dan penggunaanya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting tanpa didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 (3) Menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting didukung media gambar terhadap hasil belajar siswa materi energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, menggunakan instrumen silabus dan RPP.
Hasil analisis pada hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting didukung media gambar ditunjukkan dengan nilai rata-rata 85,36, hasil belajar siswa pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing prompting tanpa didukung media gambar ditunjukkan dengan nilai rata-rata 75,77. Dan hasil uji t independen sampel menunjukkan sig. (2-tailed) 0,006 dengan taraf signifikan 5%.