Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya Pada Siswa Kelas III SDI Al-Huda Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

NABILA YUMNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0246

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari fakta-fakta di lapangan yang menyebutkan bahwa kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya kurang mendapatkan perhatian yang serius yang terbukti masih rendahnya kemampuan siswa pada pembelajaran IPA. Kemampuan ini dapat dimiliki siswa apabila guru merancang pembelajaran secara efektif untuk membiasakan siswa memecahkan persoalan yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami konsep. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif Quantum Teaching didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDI Al- Huda Kota Kediri. Data penelitian ini berupa data kemampuan awal siswa dan data akhir yang diperoleh dengan metode tes yang kemudian diuji dengan uji proporsi dan uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Quantum Teaching didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan pembelajaran IPA kelas III SDI Al-Huda Kota Kediri ditunjukkan pada perbedaan rata-rata kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 87,3 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 79,17. Saran untuk penelitian ini adalah agar pembelajaran IPA yang mengacu pada Quantum Teaching dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya. Serta harapan akan adanya penelitian lanjutan tentang pembelajaran IPA yang mengacu pada Quantum Teaching sebagai bentuk pengembangan dan perbaikan dari penelitian yang telah dilakukan. Kata kunci : model Quantum Teaching , kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya, media gambar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI