PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA DIDUKUNG MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENDISKRIPSIKAN BINATANG DISEKITAR SESUAI CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN KALIMAT YANG MUDAH DIPAHAMI PADA SISWA KELAS II SDN III PANJEREJO TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
WAHYU NITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0245
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA DIDUKUNG MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENDESKRIPSIKAN BINATANG DI SEKITAR SESUAI CIRI-CIRINYA MENGGUNAKAN KALIMAT YANG MUDAH DIPAHAMI PADA SISWA KELAS II SDN III PANJEREJO TAHUN AJARAN 2016/2017
WAHYU NITASARI
13.1.01.10.0245
Keguruan dan Ilmu Pendidikan - PGSD
wahyunitas45@gmail.com
(1) SUTRISNO SAHARI, S.Pd.,M.Pd. (2) NOVI NITYA SANTI,S.Pd.,M.Psi.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia tentang mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami di kelas masih konvensional dan monoton. Kurangnya minat belajar siswa yang ditandai dengan kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran, siswa tidak bisa konsentrasi dengan pembelajaran dan kurang interaksi dengan guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran tebak kata didukung media komik.
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia materi mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami pada siswa kelas II SDN III Panjerejo Tahun Ajaran 2016/2017 tanpa menggunakan pemberian model pembelajaran tebak kata didukung media komik, 2) Untuk mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia materi mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami pada siswa kelas II SDN III Panjerejo Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan pemberian model pembelajaran tebak kata didukung media komik, 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tebak kata didukung media komik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami pada siswa kelas II SDN III Panjerejo Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan analisis uji-t menggunakan Independent sample test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil postest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh model pembelajaran tebak kata didukung media komik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami pada siswa kelas II SDN III
Panjerejo Tahun Ajaran 2016/2017 hal ini terbukti dari nilai thitung 5.947 lebih besar daripada ttabel 1% yaitu 1.2931. Sedangkan mean test kelompok Eksperimen yaitu 85,5263. Sedangkan mean test
kelompok kontrol yaitu 72,9474.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan pengaruh metode pembelajaran ceramah dibandingkan metode tebak kata didukung media komik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami pada siswa kelas II SDN III Panjerejo Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan keunggulan pada penggunaan metode tebak kata didukung media komik hasil belajar bahasa Indonesia materi mendeskripsikan binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami pada siswa kelas II SDN III dapat meningkat.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran Tebak Kata, Media Komik, Hasil Belajar.